Keputusan Laporan Dahlan Iskan Berlangsung Alot

Published December 6, 2012 by ISMAYA DWI AGUSTINA

TEMPO.CO, Jakarta – Pengambilan keputusan sidang Badan Kehormatan terhadap laporan Menteri BUMN Dahlan Iskan berlangsung alot. Gagal menemui kata sepakat, Badan Kehormatan akhirnya memutuskan menggunakan voting untuk menentukan nasib anggota dewan.

“Suasana rapatnya alot,” kata Ketua Badan Kehormatan Muhammad Prakosa kepada Tempo seusai sidang BK di Wisma DPR, Cikopo, Rabu 5 Desember 2012. Rapat yang dimulai sekitar pukul 21.00 berakhir tepat tengah malam saat hari berganti. “Ada perdebatan, biasa itu,” kata Prakosa.

Prakosa enggan menjelaskan perkara mana saja yang akhirnya diputuskan melalui voting. Sebelumnya, sejumlah anggota Dewan diduga terlibat pemerasan terhadap sejumlah BUMN. Beberapa nama yang sudah diperiksa BK adalah Idris Laena yang diduga tersangkut dengan PT Garam dan PT PAL, Sumaryoto dengan PT Merpati Nusantara Airlines.

Badan Kehormatan DPR mengakui ada sejumlah pertemuan yang dilakukan di luar rapat resmi oleh anggota dewan dengan perusahaan-perusahaan ini. Itu di luar kasus yang dilaporkan Menteri BUMN Dahlan Iskan, yaitu pertemuan Panja Merpati dengan Drektur Utama PT Merpati Rudy Setyopurnomo pada 1 Oktober.

Prakosa menyatakan tidak akan menyampaikan siapa saja dan bentuk sanksi yang dijatuhkan Badan Kehormatan. Menurut dia, BK mesti menyampaikan terlebih dahulu kepada anggota dewan yang dikenai sanksi. “Saya juga tidak ingin membuat gaduh,” kata dia.

Prakosa menjelaskan, keputusan BK menyatakan ada pelanggaran etika yang dilakukan anggota Dewan. Selain itu, putusan BK juga menyatakan ada rehabilitasi nama baik kepada anggota Dewan yang sudah pernah diperiksa oleh BK.

 

from : http://www.tempo.co/read/news/2012/12/06/078446188

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: