Bayi Belajar Bahasa Sejak dalam Kandungan

Published January 4, 2013 by ISMAYA DWI AGUSTINA

TEMPO.CO, Tacoma – Sejak kapan bayi belajar bahasa? Mungin banyak yang mengira setelah lahir. Jawaban itu salah. Sebuah penelitian mengungkapkan bayi belajar bahasa sejak dalam kandungan.

Studi yang dilakukan peneliti dari Pacific Lutheran University, Tacoma, Amerika, mengindikasikan bayi mempunyai kapasitas untuk belajar dan mengingat suara-suara dasar dari bahasa ibunya ketika usia kehamilan telah mencapai 30 pekan.

Pada usia kehamilan itu, mekanisme otak yang berkaitan dengan pendengaran telah sepenuhnya terbentuk. Karena itu, janin dalam kandungan mampu mendengar apa yang ibunya ucapkan dan menyerap elemen-elemen bahasa. Bayi juga mampu menggunakan apa yang mereka dengar selama 10 pekan terakhir kehamilan dan saat lahir untuk membedakan bahasa.

“Kita telah mengetahui lebih dari 30 tahun bahwa kita mulai belajar tentang suara dengan mendengar pembicaraan ibu kita ketika lahir,” kata Christine Moon, guru besar psikologi Pacific Lutheran University, yang juga mengepalai penelitian. “Tapi inilah studi pertama yang menunjukkan bahwa kita belajar tentang suara ucapan-ucapan dasar dari bahasa ibu sebelum kita lahir,” kata Christine sebagaimana dilansir Daily Mail, Kamis, 3 Januari 2013.

Dalam studi yang dipubikasikan jurnal Acta Paediatrica ini, penelitian melibatkan 40 bayi laki-laki dan perempuan berusia 30 jam di Kota Tacoma, Amerika, dan Stockholm, Swedia. Bayi-bayi itu diperdengarkan suara dalam bahasa ibu dan bahasa asing. Peneliti kemudian menilai reaksi mereka terhadap suara dengan mengukur seberapa lama mereka menghisap dot.

Hasilnya, bayi ditemukan menghisap dot dengan periode yang lama ketika mereka mendengar bahasa asing dan menghisap dot dengan waktu yang pendek saat mereka mendengar bahasa ibu mereka. Ini berarti bayi-bayi itu dapat membedakan apa yang mereka dengar dalam kandungan. Hisapan pendek diasosiasikan dengan suara yang familiar, sedangkan hisapan panjang diasosiasikan dengan suara yang tidak familiar.

from : http://www.tempo.co/read/news/2013/01/03/107451810

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: