KPK Tingkatkan Sistem Integritas Cegah Korupsi

Published January 4, 2013 by ISMAYA DWI AGUSTINA

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan korupsi dilakukan secara terorganisasi yang dirancang secara matang untuk merampok kekayaan negara. KPK akan meningkatkan sistem integritas.

Menurut Wakil Ketua KPK bidang Pencegahan, Busyro Muqaddas mengatakan aktor-aktor korupsi masih didominasi lembaga-lembaga negara seperti, DPR, DPRD, eksekutif, dan lain-lain. Lembaga-lembaga negara itu secara sistematis membuat semacam jalan untuk merongrong beberapa kementerian sebagai sumber pendapatan mereka.

“Jadi seperti kementerian, BUMN, BUMD, dan lain-lain jadi sasaran korupsi,” ujar Busyro, di Jakarta, Rabu (2/1/2013).

Dia mengukapkan, dominasi para pemangku jabatan ini semakin kuat kala sumber korupsi mereka memiliki sistem yang tidak memadai. KPK berupaya melakukan peningkatan sistem integritas dengan baik dengan sejumlah instansi negara sumber korupsi itu.

Busyro mencontohkan, KPK pernah melakukan kerjasama untuk meningkatkan kembali sistem integritas guna meminimalisasi kasus korupsi di beberapa kementerian. Kala itu di satu kementerian tengah dipimpin oleh direktur yang diduga menyelewengkan jabatannya. Dalam beberapa tahap, kementerian itu mampu keluar dari persoalan seraya mengganti direktur tersebut.

“Dalam jangka dua tahun kementerian tersebut nilai integritasnya meningkat, dan dua tahun kemudian kita (KPK) melepaskan kewenangan ini dan hasilnya persoalan ini bisa terselesaikan,” tuturnya.

from : http://politikindo.com/2013/01/02/kpk-tingkatkan-sistem-integritas-cegah-korupsi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: